10 Tips Berbelanja Di Luar Negeri

Jika Anda berada di luar negeri, di suatu negara yang belum tentu akan Anda kunjungi kembali dalam waktu singkat. Sangat disayangkan bila Anda tidak berbelanja, bukan? Bagi kaum Hawa, mustahil Anda tidak sanggup menahan diri untuk tidak berbelanja. Apalagi dikala Anda berada di pasar tradisional menyerupai Chinatown (Singapore, Malaysia) atau Mongkok. Belum lagi dikala Anda melihat barang-barang yang sulit Anda jumpai di tanah air. Hehehe… mungkin Anda sanggup kalap hingga kartu kredit Anda pun harus bekerja keras. Namun tentu saja kita harus tetap bijaksana ketika berbelanja dan membeli buah tangan di luar negeri. Berikut 10 tips berbelanja di luar negeri dari kami:

1. Kenali season dan daerah terbaik untuk berbelanja

Tips berbelanja di luar negeri yang pertama yaitu cari tahu wacana sale season di negara yang Anda tuju. Biasanya sale season diadakan pada dikala pergantian musim, yaitu antara Januari-Februari atau Juni-Juli. Melancong pada dikala sale season akan lebih menguntungkan alasannya dikala itu akan ada banyak diskon-diskon harga. Kumpulkan juga isu wacana lokasi belanja favorit di negara yang Anda kunjungi.

2. Jangan lupa menawar

Tapi nawarnya nggak perlu sengotot ini juga, ya Klikers! 😀

Saat Anda sedang berbelanja di pasar tradisional menyerupai Chinatown atau Pasar Bugis, jangan ragu-ragu untuk menawar. Pada umumnya, para pedagang pastinya akan mematok harga lebih mahal kepada turis. Anda sanggup mencoba dengan menawar hingga 50% lebih murah. Bandingkan juga harga barang yang sama dengan yang dijual di kios-kios sebelahnya.

3. Bandingkan harga

Beberapa produk fashion dengan merk tertentu di luar negeri biasanya harganya akan lebih murah dibandingkan bila kita membelinya di Indonesia. Ijinkan saya menyebut beberapa brand, menyerupai kaos Giordano dan tas Charles n Keith, harganya cenderung lebih murah dibandingkan bila kita membelinya di Indonesia. Anda sanggup mempertimbangkannya bila ternyata harganya tidak beda jauh dengan yang di Indonesia. Untuk barang dari merk yang tidak dijual di Indonesia,well… saya rasa Anda tidak perlu berpikir terlalu lama. Kapan lagi Anda sanggup membelinya? :p

4. Jangan kalap

Anda mungkin berpikir: “Kapan lagi saya akan tiba ke sini?” Yes, that’s right! Tapi bukan berarti Anda harus membeli semua barang hingga kartu kredit Anda mencapai limit. Berbelanjalah sesuai dengan budget Anda. Pikirkan juga apakah barang yang Anda incar tersebut bermanfaat. Boot isu terkini cuek yang terlihat keren dikala Anda membelinya di Korea tidak akan cocok digunakan di Indonesia yang beriklim tropis. Think twice! ^^

5. Gunakan kalkulator

Jika Anda berada di pasar tradisional, Anda akan segera mengetahui bahwa tidak semua pedagang sanggup berbahasa inggris. Untuk mengatasi hal tersebut, siapkan kalkulator kecil. Ketikkan angka di kalkulator, kemudian sodorkan ke pedagang. Anda juga sanggup meminjam kalkulator milik pedagang atau memakai kalkulator di ponsel Anda.

6. Pilih buah tangan yang unik dan berkesan

Memberikan buah tangan untuk kerabat di tanah air seolah menjadi kewajiban bagi kita yang melancong ke luar negeri. Klikers, ingatlah bahwa Anda TIDAK WAJIB untuk membelikan oleh-oleh. Berfokuslah untuk membelikan buah tangan bagi orang-orang terdekat di hati Anda menyerupai keluarga atau sahabat karib. Namun, saya yakin Anda masih bakalan nggak yummy hati jikalau tidak membelikan buah tangan sama sekali untuk rekan-rekan kantor Anda. Sedikit tips: pilihlah barang-barang dengan harga promo di mana harganya lebih murah bila Anda membeli dalam jumlah banyak, contohnya promo buy 1 get 1 atau $10 untuk 3 item. Saya langsung tidak merekomendasikan buah tangan dalam bentuk gantungan kunci atau tempelan kulkas (standard banget, bo!). Anda sanggup menentukan pernak-pernik unik khas budaya lokal atau snack lokal yang unik.

7. Bawa tas belanja dengan ukuran cukup besar

Saat di luar negeri, Anda akan banyak berjalan kaki. Akan lebih mudah bila Anda membawa tas belanja berukuran besar di mana Anda sanggup memasukkan barang-barang belanjaan Anda ke tas tersebut. Hal ini tentunya akan meminimalkan risiko salah satu kantung plastik belanjaan Anda tertinggal. Selain itu, dengan membawa tas belanja sendiri berarti Anda telah mendukung gerakan Go Green.

8. Tetap waspada akan barang berharga Anda

pickpocket loves tourist!

Siapa bilang copet hanya ada di Indonesia? Lol. Klikers, dikala berbelanja biasanya kita akan terfokus pada barang-barang yang kita taksir/tawar. Tapi tetaplah waspada dikala Anda sedang sibuk berbelanja, apalagi jikalau Anda berada di pasar tradisional yang suasananya cenderung cukup ramai. Pastikan semua retsleting tas Anda tertutup rapat. Jika Anda membawa ransel, Anda sanggup menggendongnya di depan. Begitu juga bila Anda membawa tas selempang, posisikan tas Anda di depan badan Anda (bukan di samping tubuh).

9. Bawa koper cadangan atau travel bag tambahan

contoh foldable bag

Anda niscaya pernah mendengar istilah “koper beranak”. Yup, itulah yang kerap terjadi ketika kita pergi liburan. Saking banyaknya buah tangan yang kita beli, mendadak koper kita jadi tidak muat. Untuk menyiasatinya, Anda sanggup menyiapkan koper ukuran cabin ataupun travel bag tambahan. Sport bag atau tas yang sanggup dilipat (foldable bag) sanggup menjadi pilihan Anda. Jangan lupa juga untuk membeli bagasi dalam kiloan yang lebih besar dikala Anda membeli tiket pesawat pulang. Jangan hingga Anda di-charge alasannya bagasi Anda kelebihan beban. Membeli pemanis bagasi di bandara juga biasanya lebih mahal.

10. Tax refund

Tax Free Refund di Changi Airport

Anda sanggup melaksanakan klaim pajak atas barang belanjaan Anda dengan nominal tertentu di beberapa negara. Salah satunya yaitu di Singapore. Simpan semua struk belanjaan Anda dan Anda sanggup melaksanakan mekanisme tax refund ini di bandara. Jangan ragu untuk mencoba melakukannya alasannya prosesnya tidak ribet, terutama jikalau Anda berbelanja cukup mahal. Lumayan lho sanggup pengembalian pajaknya.

Klikers, itulah 10 tips berbelanja di luar negeri dari kami. Semoga tips ini sanggup membantu bagi Anda yang gres akan pertama kali ke luar negeri.