Mengulas Seputar Manfaat Pepaya dan Jenisnya

Pepaya atau betik merupakan buah yang rendah kalori dan memiliki vitamin C dan kandungan mineral yang memberikan manfaat kepada tubuh manusia. Buah ini tumbuh di Meksiko dan menyebar luas ke seluruh daerah tropis dan buahnya digunakan sebagai makanan sehat. Buah betik memiliki kulit pohon yang dijadikan sebagai bahan untuk membuat tali dan daun yang dikukus sebagai sayuran sehat walaupun rasanya cukup pahit untuk lidah. Beberapa negara menggunakan biji betik sebagai makanan dengan cara ditumbuk sebagai pengganti merica dan lada hitam. Betik juga digunakan sebagai alat kontrasepsi oleh wanita dan perlindungan terhadap malaria.

Berikut adalah manfaat pepaya diantaranya:

  • Dapat menyehatkan mata karena memiliki vitamin A untuk kesehatan kornea dan mampu memberikan kelembapan sehingga mata dapat terlumasi dengan baik.
  • Dapat menyehatkan rambut dan kuku karena kandungan mineral dan vitamin yang mendukung pertumbuhan rambut dan kuku, selain itu dapat digunakan sebagai masker rambut.
  • Dapat menyembuhkan kulit yang mengalami kemerahan karena terbakar sinar matahari karena likopen yang dapat memberikan kesehatan pada kulit dan antioksidan yang dimilikinya menjadi penangkal kerusakan sel dan radikal bebas.
  • Dapat memperlancar pencernaan karena terdapat enzim papain yang membuat protein menjadi mudah dicerna dan dalam waktu 40 hari dapat menyembuhkan perut kembung dan konstipasi.
  • Dapat menjaga kesehatan jantung dengan vitamin C dan likopen dan meningkatkan efek kolesterol baik dalam tubuh.
  • Dapat mengurangi resiko kanker karena adanya antioksidan likopen untuk menangkal radikal bebas sebagai penyebab terjadinya kanker.

Selain itu, sebagai anti penuaan karena enzim papain akan membantu kulit menjadi lembut dan memperbaiki, serta membantu mengurangi terjadi kerutan dan bintik hitam pada wajah karena adanya vitamin A dan C. Betik juga dapat meningkatkan imun tubuh sehingga akan terhindar dari penyakit infeksi. Untuk penderita demam dengue maka akan menekan jumlah trombosit. Manfaat untuk tubuh, betik dapat membantu menurunkan berat badan walaupun tetap harus diiringi dengan olahraga dan pola makan yang tepat.

Betik dalam dapat menghindari wanita dari sindrom PCOS yang menyebabkan terganggu kesuburan wanita dan akan meningkat hormon estrogen. Dapat juga mengatasi nyeri sendi karena memiliki anti inflamasi sehingga tidak hanya nyeri sendi melainkan nyeri punggung. Betik memiliki beberapa jenis diantaranya jenis California yang asli dari Indonesia dengan nama asli Calina. Betik ini memiliki daging buah merah dan rasanya manis, memiliki daya tahan hingga 5 hari tanpa bahan pengawet. Carisya merupakan betik yang berbuah empat bulan sekali, memiliki kulit hijau dan berukuran kecil, warna daging kemerahan dan berongga kecil.

Terdapat juga jenis betik Bangkok berasal dari Thailand dengan warna jingga kemerahan membuat daging buah ini lebih lezat. Jenis betik dapat diolah sebagai bahan untuk membuat kosmetik. Hawaii merupakan buah berukuran kecil dan untuk konsumsi satu orang, dikonsumsi tanpa harus mengupas atau memotong buah. Hanya perlu membelahnya menjadi dua lalu memakannya dengan menggunakan sendok.

Jenis pepaya lainnya adalah Arum Bogor dengan ukuran yang kecil, memiliki rasa manis dan ditanam untuk dataran tinggi dan rendah. Betik Cibinong dengan bentuk yang lonjong dan memanjang, memiliki warna kulit hijau dan pada bagian ujungnya berwarna kuning. Memiliki cita rasa yang manis dan segar, memiliki kulit yang kasar dan keras. Terdapat juga Red Lady dengan bentuk bulat, lebih manis dan biasanya dibudidayakan untuk menjadi pohon buah yang dapat menghasilkan 30 buah untuk sekali panennya.