Begini Cara Jitu Jual Mobil Bekas Agar Tidak Rugi Banyak

Baik karena alasan akan berganti mobil maupun karena sedang butuh dana, jual mobil yang Anda miliki terkadang memang menjadi salah satu solusi terbaik daripada harus mengajukan permohonan pinjaman yang bunganya tidak sedikit. Namun, dalam menjual unit mobil, Anda juga tidak bisa sembarangan asal dalam memasarkannya karena justru dapat mengalami kerugian besar dan dana yang Anda butuhkan tidak dapat diterima sesuai keinginan. Oleh sebab itu, mengetahui cara jitu yang dapat dilakukan dalam menjual unit mobil pribadi adalah hal yang tepat.

Melakukan jual beli mobil bekas memang bukan hal yang mudah, terlebih lagi jika Anda tidak memiliki pengalaman dalam dunia otomotif, maka sangat rentan mengalami kerugian atau hal diluar keinginan lainnya. Salah satu cara yang bisa Anda lakukan jika ingin melakukan transaksi jual maupun beli mobil bekas adalah bertanya atau mengajak orang yang sudah ahli agar semua transaksi berjalan lancer dan tidak menyesal di kemudian hari.

Umumnya akan ada berbagai pilihan, yaitu seperti menjual mobil Anda secara pribadi dan perorangan atau Anda dapat menjualnya langsung ke dealer jika tidak ingin repot. Namun, jika menjual melalui dealer Anda harus mengikuti semua ketentuan yang telah di tetapkan. Akan tetapi, sekarang Anda tidak perlu khawatir, karena di bawah ini akan kita bahas tips yang bisa Anda lakukan agar dapat menjual mobil dan tidak rugi besar, antara lain:

  • Menjual melalui media online.

Menjual mobil secara online dapat meminimalisir tingkat penyusutan harga yang terjadi, hal ini dikarenakan jika Anda menitipkan mobil pada dealer maka akan dikenakan biaya pemotongan atas jasa pemasaran yang dilakukan oleh dealer tersebut.

  • Gunakan social media.

Dibandingkan harus mengeluarkan uang untuk memasang iklan pada platform tertentu, sebenarnya Anda dapat memanfaatkan social media yang Anda miliki untuk memasang iklan mobil yang Anda jual. Selain jangkauannya lebih luas, iklan melalui social media Anda dapat jual mobil gratis tanpa ada biaya apapun.

  • Lengkapi surat mobil.

Sudah menjadi hal yang umum, bahwa jika Anda menjual mobil tanpa ada surat yang lengkap, maka harga akan turun drastis. Oleh sebab itu, pastikan sebelum menjualnya surat mobil yang Anda miliki lengkap dan masih dalam masa berlaku aktif serta diakui secara sah.

  • Lelang.

Melelang mobil juga dapat menjadi solusi yang tepat jika unit mobil yang akan Anda jual terbilang unik di pasaran, biasanya para penggemar mobil antik tidak akan merasa keberatan mengenai harga yang harus di keluarkan jika sudah menyukai pada desain mobil unik yang Anda miliki.

Beberapa tips lain yang sebaiknya Anda lakukan sebelum menjual mobil bekas adalah seperti memperbaiki atau mengganti berbagai komponen yang sudah mulai menurun performanya, serta melakukan servis secara keseluruhan. Anda juga jangan sampai lupa untuk memastikan mobil dalam keadaan bersih baik interior maupun tampilan luar agar terlihat menarik saat di lihat oleh calon pembeli.

Demikian ulasan mengenai cara jitu jual mobil bekas agar tidak rugi banyak. Meskipun menjual mobil dalam kondisi bekas identik dengan penyusutan harga, namun Anda dapat meminimalisir angka penurunan tersebut jika jeli dalam mengambil setiap tindakan. Beberapa cara di atas, selain gratis juga sangat mudah untuk dilakukan sehingga Anda dapat menjadikannya sebagai referensi saat akan menjual mobil agar tetap dapat mendapatkan harga jual terbaik.