Perkembangan Fintech Dan Jenis-Jenis Fintech Yang Ada Di Indonesia

Dalam era digital seperti sekarang, mulai banyak bermunculan perusahaan atau startup baru yang memanfaatkan teknologi dan informasi. Perkembangan startup di Indonesia terus mengalami perkembangan. Di Indonesia sendiri ada dua jenis startup, yang pertama adalah e-commerce dan yang kedua adalah financial technology atau fintech. E-commerce merupakan sebuah perusahaan atau startup yang menyediakan platform jual-beli online.

Sedangkan financial technology berpusat pada perusahaan atau startup yang berinovasi dalam bidang jasa keuangan dan teknologi modern. Walaupun keduanya adalah kategori yang berbeda, namun sebesarnya e-commerce dan financial technology merupakan bidang yang saling berhubungan dan membutuhkan satu sama lain. E-commerce akan menjadi platform kegiatan jual-beli, sedangkan financial technology akan menjadi jembatan agar proses transaksi jual-beli berjalan dengan lancar.

Jadi apa pengertian fintech? Jadi financial technology merupakan gabungan dari layanan jasa keuangan dengan teknologi. Dengan adanya financial technology, segala urusan keuangan anda menjadi lebih mudah, mulai dari transfer antar bank, memilih dan membeli reksadana maupun saham dan lain sebagainya.

Apabila anda pernah merasakan hidup dengan dan tanpa financial technology, anda akan mengetahui perbedaannya. Dan perbedaan tersebut terasa sekali, apalagi jika anda sering menggunakan jasa keuangan atau layanan perbankan. Saat ini financial technology sangat berperan besar terhadap gaya hidup masyarakat, sehingga perpaduan antara keuangan dan teknologi memberikan dampak positif bagi masyarakat, dengan catatan bila digunakan dengan bijak.

Pengguna financial technology di dunia terus meningkat, pada tahun 2007 hanya sebesar 7% saja namun di tahun 2011 meningkat menjadi 20%. Hanya dalam 4 tahun, pengguna financial technology naik hingga 2x lipat lebih. Kemudian di tahun 2014 menjadi 36% dan di tahun 2017 sudah mencapai 78%. Di Indonesia, total nilai transaksi financial technology tahun 2017 sudah mencapai 202,77 Triliun rupiah.

Tidak heran apabila financial technology menjadi salah satu bidang usaha yang menjadi tonggak perekonomian negara. Di Indonesia sudah banyak sekali startup fintech OJK alias yang berlisensi dan legal. Nah, berikut adalah beberapa jenis financial technology yang sudah ada di Indonesia:

  • Crowdfunding

Merupakan salah satu jenis financial technology yang populer di berbagai negara, termasuk di Indonesia. Dengan adanya teknologi crowdfunding, masyarakat dapat melakukan penggalangan dana atau donasi dengan lebih cepat dan masif. Contohnya adalah penggalangan dana untuk korban bencana alam maupun penggalangan dana untuk pembangunan pesawat R80 yang didesain oleh Bapak BJ Habibie.

  • Microfinancing

Menjadi salah satu layanan financial technology yang dapat menyediakan layanan keuangan bagi masyarakat kelas menengah dan ke bawah. Karena banyak masyarakat dengan golongan ekonomi ini tidak memiliki akses yang mudah dalam dunia perbankan. Dengan layanan ini mereka bisa mendapatkan modal usaha lebih mudah dan bunga yang lebih rendah.