5 Objek Wisata Jogja Air Terjun Terkenal yang Sayang untuk Dilewatkan

Ada beragam pilihan wisata Jogja yang menarik untuk dikunjungi. Dengan karakteristiknya masing-masing, setiap wilayah memiliki keunikannya tersendiri.

Sekalipun sama-sama air terjun, tetapi antar wilayah satu dan yang lainnya itu mempunyai ciri khasnya tersendiri. Langsung saja, yuk simak deretan wisata air terjun di Jogja yang dapat dijadikan sebagai referensi tempat liburan terbaik.

1. Air Terjun Lepo

Berlokasi di Dusun Pokoh, Air Terjun Lepo merupakan wisata Jogja di kaki bukit. Menilik dari lokasinya tersebut, Anda bisa menemukan udara sejuk saat berkunjung. Bersama udara sejuk, penat bisa dilepas sepenuhnya.

Usai bekerja setiap hari, tiba waktu untuk menghapus penat yang melekat dengan mengunjungi Air Terjun Lepo. Mengingat kondisi udaranya yang tidak panas, memungkinkan Anda untuk terhindar dari suhu panas dataran rendah.

Jika biasanya mendengar hiruk pikuk kota yang tidak pernah meredam, pikiran bisa fresh lagi dengan syahdunya suara air terjun. Pengunjung bisa berenang dalam kolam alami. Namun, perlu diperhatikan bahwa kondisi kolam yang ada itu cukup dalam. Karenanya, Anda harus berhati-hati.

2. Air Terjun Banyunibo

Wisata Jogja terletak di daerah Gunung Kidul. Ya, tidak jauh dari Gunung Api Purba  Nglanggeran. Pengunjung harus berjalan sekitar 400 meter dari tempat parkir guna menjumpai air terjun yang penuh estetika ini.

Namun, hal tersebut bukan masalah lantaran akan didapati panorama yang menyejukkan mata setelah sampai. Kurang lebih memiliki tinggi 35 meter, keindahan air terjun bersama suara gemericik air siap memanjakan pengunjung. Berada di perbukitan, Anda bisa menjumpai pemandangan anti mainstream kombinasi antara air terjun dengan bukit.

3. Air Terjun Sri Gethuk

Selanjutnya, ada Air Terjun Sri Gethuk. Barangkali, Anda sudah sangat familiar dengan nama yang melingkupinya. Ya, keindahan waterfall akan sangat terasa usai sampai di lokasi. Ada pula objek wisata Goa Rancang Kencana yang dapat dikunjungi sekaligus saat Anda sedang berada di air terjun ini.

Jadi, memungkinkan manakala hendak berkunjung pada dua destinasi tanpa terpaut perjalanan yang jauh. Menarik pula untuk mencoba wahana flying fox yang tersedia. Bagi Anda yang gemar terhadap ketinggian, jangan sampai melewatkannya. Body rafting pun banyak dilirik wisatawan lantaran menawarkan keseruan ekstra.

4. Air Terjun Kedung Pedut

Dekat dengan Air Terjun Kembang Soka, Anda dapat menghemat biaya perjalanan apabila ingin berkunjung ke dua destinasi. Pepohonan rindang yang melingkupi kian menambah estetiknya pemandangan waterfall di sini.

Sejuknya udara serta gemericik air yang jatuh mampu memberikan pengalaman terbaik berwisata. Anda dapat berenang sekaligus merelaksasikan tubuh melalui pemandian air panas yang available. Dengan spotnya yang instagramable, belum lengkap jika belum berfoto di daerah Air Terjun Kedung Pedut. Percayalah, sangat dimungkinkan diperoleh jepretan terbaik dari objek wisata ini.

5. Air Terjun Luweng Sampang

Berikutnya, yakni Air Terjun Luweng Sampang. Dilingkupi oleh relief yang unik, pastikan Anda mengunjungi destinasi ini saat telah tiba di Jogja. Dihiasi oleh bebatuan cadas warna putih, kian kontras dengan jernihnya air  di sana. Sehingga, liburan akan terasa semakin menakjubkan.

Banyaknya opsi wisata Jogja rasanya belum cukup apabila Anda hanya mengunjungi satu objek. Lantaran sudah sampai di Jogja, bukankah ide bagus untuk berkunjung di berbagai objek wisata yang tersedia? Apalagi dengan tidak perlu menghabiskan banyak biaya, wisata di Jogja mampu menjadi sahabat yang baik ketika liburan datang.