Bacaan Sholat Gerhana Niat dan Tata Caranya

Salah satu fenomena yang cukup langka terjadi dan jadi salah satu bukti bahwa Alla ini maha kuasa adalah Gerhana matahari. Saat gerhana matahari terjadi Anda bisa menunaikan sholat Sunnah. Di negara Indonesia ini biasanya fenomena gerhana matahati ini hanya bisa di lihat dalam beberapa kali saja. Bahkan dalam satu tahun Anda ini bisa juga tidak melihatnya sama sekali. Hal ini disebabkan berbagai faktor salah satunya adalah cuaca dan juga sudut lintang yang ada pada gerhana matahari. Pada kesempatan kali ini mari kita bahas mengenai gerhana matahari dan bacaan sholat gerhana matahari:

  • Macam-macam fenomena gerhana matahari

Macam dari gerhana matahari ini ada 4 macam diantaranya:

  1. Gerhana matahari total

Gerhana matahari total ini terjadi jika puncak gerhana piringan matahari seluruhnya di tutupi oleh bulan. Dalam fase yang satu ini piringan bulan akan terlihat sama besarnta atau bisa juga lebih besar dari piringan matahari. Semua hal ini tergantung bagaimana jarak masing-masing bumi dengan bulan dan juga matahari.

  1. Gerhana matahari sebagian

Gerhana matahari yang satu ini akan terjadi jika saat itu bulan ada pada puncak gerhana dan hanya menutup sebagian dari piringan matahari. Jenis gerhana matahari yang satu pasti ada bagian dari piringan matahari yang tida tertutu oleh piringan bulan.

  1. Gerhana matahari cincin

Gerhana matahari yang satu ini terjadi jika bulan ada si puncak, gerhananya hanya menutup sebagian saja dari piringan matahari. Gerhana yang satu ini jika ukuran piringan bulan lebih kecil dari piringan yang dimiliki matahari. Jadi saat puncak gerhana terjadi piringan bulan ini hanya menutupi bagian tenggah matahari dan menyisakan pinggiran yang mirip dengan cincin.

  1. Gerhana matahari hibrida

Gerhana yang satu ini adalah jenis gerhana matahari yang bergeser antara gerhana matahari total dan cincin. Jenis yang satu ini akan muncul sebagai gerhana matahari tolat dan di titik lain akan muncul jadi gerhana matahari cincin. Tapi gerhana yang satu ini jarang sekali terjadi.

  • Niat salat gerhana matahari yang benar

Shalat gerhana matahari akan dilaksanakan ketika ada terjadi gerhana di suatu wilayah, sholat gerhana matahari ini hukumnya Sunnah. Ini dia niat dari sholat gerhana matahari bagi Anda yang ingin melaksanakan sholatnya “Usholli sunnatan likusuufis syamsi rok’taini lillahi taa’ala” yang Artinya: “Aku niat shalat sunnah gerhana matahari dua rakaat karena Allah ta’ala.”

  • Tata cara salat gerhana matahari lengkap

Sholat gerhana matahari atau sholat kusuf ini bisa Anda laukan sebanyak 2 rakaat. Ini dia tata cara sholat gerhana matahari lengkap yang bisa Anda ikuti:

  1. Membaca niat dalam hati
  2. Takbiratul ihram sama dengan sholat biasa
  3. Membaca do’a iftitah
  4. Membaca surat Al-Fatihah dan dilanjutkan membaca surat yang panjang dengan di-jahr-kan suaranya.
  5. Kemudian ruku’
  6. Bangkit dari ruku’ (i’tidal)
  7. Setelah I’tidal jangan langsung sujud, tapi baca surat Al-Fatihah dan juga surat yang panjang (saat berdiri yang kedua ini akan lebih singkat dari yang pertama)
  8. Ruku’ lagi (ruku’ kedua)
  9. Bangkit dari ruku’ (i’tidal)
  10. Sujud yang panjangnya sama dengan ruku’,
  11. Duduk di antara dua sujud dilanjutkan dengan sujud lagi
  12. Bangkit dari sujud lalu lakukan raka’at yang kedua sama seperti raka’at pertama.
  13. Tasyahud
  14. Salam.