Server Internet: Pengertian, Fungsi, dan Jenis-Jenisnya

Ketika Anda mengakses internet, apakah Anda tahu dari mana data-data yang Anda akses itu berasal? Data-data tersebut berasal dari sebuah server. Betul, layanan jaringan dari Hypernet yang kita gunakan ternyata sangat berpengaruh pada kinerja komputer. Untuk mengenal istilah tersebut secara mendalam, mari simak artikel berikut ini.

Apa Itu Server?

Secara sederhana, server adalah sebuah sistem komputer yang terhubung ke jaringan internet. Sistem ini mempunyai tujuan menyimpan dan mengelola data secara terpusat, dan seringkali si pemilik sistem akan berkolaborasi bersama beberapa klien.

Para klien inilah yang menitipkan data mereka untuk disimpan dalam sistem atau meminta akses terhadap suatu data. Tugas pemilik server adalah untuk mengelola apa saja data yang kliennya titipkan dan memonitor aktivitas klien dalam sistem tersebut.

Fungsi dan Kegunaan Server

Setiap sistem yang ada di komputer mempunyai fungsinya sendiri, termasuk sistem yang satu ini. Macam-macam fungsi server adalah sebagai berikut:

  • Menyimpan segala bentuk data dari klien, baik data berupa dokumen, cache, video, atau gambar.
  • Mencegah terjadinya duplikasi data dalam sistem.
  • Mengolah data berbentuk kode HTTP menjadi bentuk kode HTML dan CSS.
  • Mempercepat pencarian dan pembagian data yang klien lakukan.

Macam-Macam Jenis Server

Pada bagian ini, Anda akan mempelajari jenis-jenis server beserta kegunaan utama mereka. Inilah penjelasannya:

  1. File

Inilah sistem yang paling banyak dipakai oleh mayoritas pengguna internet. Sistem ini biasanya berisi data-data seperti video, musik, gambar, dokumen, dan tabel informasi. Klien yang menggunakan sistem ini dapat mengambil dan menyimpan data lewat bantuan fitur workstation.

  1. Proxy

Proxy server adalah suatu sistem yang berperan sebagai perantara penghubung klien dengan laman internet yang mereka kunjungi. Sistem proxy ini bertugas melindungi alamat IP pengguna internet dari serangan virus komputer. Lewat sistem ini, pengguna internet dapat memblokir laman yang sekiranya berbahaya atau mengganggu.

  1. Database

Kalau yang ini sifatnya yaitu memberikan layanan pengelolaan data. Apabila ada klien yang hendak mengambil data dari sistem ini, mereka harus mengajukan izin kepada pengelola database tersebut. Kapasitas bandwidth sistem ini tergolong besar sehingga memudahkan banyak pengguna untuk mengaksesnya secara bersamaan.

  1. Web

Jaringan internet di dunia kebanyakan menggunakan server yang ini. Dia bertugas menerima permintaan berbentuk kode HTTP dan HTTPS, lalu mengirimkannya kembali dalam bentuk laman internet, kodenya HTML dan CSS. Itulah sebabnya mengapa browser internet Anda bisa menampilkan hal-hal seperti teks, gambar, dan video.

Itulah pembahasan mengenai server, beserta definisi, fungsi, dan macam-macamnya. Sekarang, Anda sudah tahu siapa yang mengelola semua data yang Anda akses di internet. Semoga informasinya bermanfaat!